Ini Akibat Terlalu Lama Melihat Layar Komputer!

0
21
Akibat Terlalu Lama Melihat Layar Komputer
Akibat Terlalu Lama Melihat Layar Komputer - Merdeka.com/Shutterstock/Andrei Zarubaika

DimasBagus.com – Semua orang berpikir bahwa terlalu lama melihat layar komputer atau laptop akan membuat mata menjadi lelah. Padahal faktanya, tak hanya itu saja efek menatap layar komputer terlalu lama pada mata. Menghabiskan lebih dari tujuh jam sehari di depan komputer bisa menyebabkan sindrom yang menyerupai mata kering, ungkap penelitian terbaru di JAMA Ophtyhalmology.

Peneliti menganalisis konsentrasi MUC5AC, yaitu protein yang ditemukan pada lapisan mata. Protein ini berfungsi untuk menjaga kelembapan mata. Mereka kemudian menemukan bahwa karyawan yang bekerja lebih dari tujuh jam dengan menatap layar komputer ternyata memiliki tingkat MUC5AC yang paling rendah. Tingkat protein ini bahkan lebih rendah pada orang yang mengalami mata kering.

Baca juga:  Melihat Kebutuhan Kekuatan Pesawat Tempur TNI AU

Lantas, mengapa menatap komputer membuat mata menjadi kering? Hal ini karena ketika seseorang melihat sesuatu yang memancarkan cahaya, seperti komputer atau laptop, air mata yang membasahi mata lebih cepat menguap. Sementara itu, orang cenderung lebih jarang berkedip ketika menatap layar komputer, sehingga air mata yang menguap tak segera terganti.

“Penelitian menunjukkan bahwa ketika menatap layar komputer dalam periode waktu yang cukup lama, frekuensi berkedip seseorang akan menurun 10 kali lipat,” ungkap Lisa Park, M.D, profesor dari New York University, seperti dilansir oleh Womens Health Mag (18/06).

Selain menyebabkan mata menjadi kering dan tidak nyaman, sindrom mata kering ini bisa menyebabkan kerusakan pada kemampuan penglihatan seseorang. Park menjelaskan bahwa ketika mata menjadi sangat kering, jaringan pada permukaan mata bisa rusak dan memicu infeksi.

, ini menyebabkan sindrom mata kering semakin berakibat fatal jika Anda menggunakan lensa kontak. Setelah memakai lensa kontak selama 10 jam dan membuat mata kering, lensa kontak berkemungkinan menggores bola mata ketika Anda melepasnya. Ini juga bisa menyebabkan infeksi jika dibiarkan begitu saja.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda memang harus bekerja lebih dari tujuh jam di depan komputer. Langkah pertama adalah alihkan pandangan Anda dari layar komputer setiap 15 menit sekali. Anda bisa melihat ke jendela, jam, atau lainnya. Jika mata mulai terasa kering, Anda bisa menggunakan air mata buatan hingga empat kali sehari.

Bagi pengguna lensa kontak, saat mata terasa kering jangan langsung lepas lensa kontak Anda. Gunakan dulu air mata buatan dan biarkan lensa kontak terasa mengambang di permukaan mata. Baru kemudian lepaskan. Ini dilakukan agar lensa kontak tak menggesek lensa pada bola mata.

Sumber: Merdeka Merdeka.com/Shutterstock/Andrei Zarubaika