Ini Tips Membeli Makan di Anyer Agar Tidak Terjebak Bayar Mahal Makan di Warung

0
332
Tips Membeli Makan di Anyer
Tips Membeli Makan di Anyer

DimasBagus.com – jagat maya heboh setelah seorang pengguna Facebook bernama Dewi Kabisat Andriyani mengunggah sebuah bon atau kuitansi pembayaran . Harga makanan yang tercantum dalam kuitansi tak masuk akal.

Dewi menyebut tempat makanan itu di restoran sekitar Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Harga tiap makanan terbilang mahal.

Dua ikan bakar dihargai Rp 400 ribu, 1 cumi saos tiram Rp 180 ribu, 3 cah kangkung Rp 200 ribu, 1 baso sapi Rp 20 ribu, 2 nasi putih Rp 90 ribu, 2 lalap+sambal Rp 30 ribu, dan 1 es teh manis Rp 80 ribu. Jumlah total yang harus dibayar oleh pemesan adalah Rp 1 juta.

Agar Anda tak tertipu harga makanan di Anyer, berikut ini :

1. Jangan makan di warung tak cantumkan harga

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), Serang, Hardomo mengimbau kepada wisatawan agar makan di warung yang mencantumkan harga makanan dan minuman yang tersedia. Hal ini dilakukan agar wisatawan yang datang ke Anyer tidak tertipu.

“Kami mengimbau wisatawan agar masuk ke rumah makan yang mencantumkan lengkap menu beserta harga, kalau tidak jangan makan di situ,” ujar Hardomo.

Hardomo mengaku pihaknya telah memberi masukan kepada dinas terkait untuk membuat peraturan agar rumah makan di Anyer mencantumkan lengkap menu dan harga.

“Kita sudah memberikan masukan kepada dinas terkait, dan sejumlah rumah makan sempat melakukannya. Tapi kami dari asosiasi tidak mengontrol lagi. Karena itu tugas dinas terkait, entah dinas pariwisata ataupun dinas perdagangan,” ujar Hardomo.

2. Tanya harga sebelum makan

Baca juga:  Gila, Jihadis Perempuan Inggris Pajang Foto Pegang Kepala Dipenggal

Karena banyak warung di sekitar pantai Anyer tak mencantumkan harga makanan, sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu harga makanan. Hal ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak tertipu.

“Kalau mau makan wajib tanya dulu. Nasi berapa, ikan berapa, cumi berapa. Biar saja cerewet, nggak usah sungkan. Kalau perlu cocokkan harga di bon dengan saat penawaran. Jangan bossy, langsung pesen. Tanya saja dulu,” kata Yulia, salah satu resepsionis hotel di sekitar Anyer.

“Kalau tamu hotel sering kita kasih rekomendasi, ini rumah makan yang harganya wajar. Biar mereka nggak kena tipu. Banyak yang mengeluh soal kena tipu pas makan sea ,” kata Yulia.

3. Riset harga terlebih dahulu

Mungkin ini sedikit ribet, tapi penting. Jika Anda akan melakukan wisata ke sebuah tempat termasuk Anyer sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu tempat makanan mana yang enak dan harganya murah.

Riset bisa dilakukan lewat teman atau internet. Yang penting harga makanan itu wajar dan sesuai dengan isi kantong kita.

4. Hindari warung tak jelas

Wisatawan yang hendak pergi ke Anyer sebaiknya mencari tempat makanan yang sudah mencantumkan daftar harga makanan. Jika tak hati-hati, masyarakat bisa terjebak karena banyak warung di Anyer tak mencantumkan harga makanan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang Hardomo sudah sering mendengar cerita ini. Menurutnya, hal tersebut merupakan lagu lama yang kerap menimpa wisatawan di sejumlah area wisata di Anyer.

Hardomo mengungkapkan pihaknya beberapa tahun lalu juga menerima laporan dari wisatawan yang merasa terjebak saat makan di rumah makan di wilayah Anyer dan sekitarnya. Pihaknya pun telah melakukan sosialisasi kepada pedagang dan memberi masukkan kepada dinas terkait untuk membuat peraturan agar rumah makan mencantumkan daftar menu serta harga.

“Lagu lama itu, pasti di daerah Karang Bolong. kita sudah beri masukan ke Dinas terkait untuk membuat peraturan agar rumah makan mencantumkan menu beserta harga,” ujarnya.

Simpan tips membeli makan di Anyer di atas agar Anda tidak terjebak harga mahal saat membeli makan di warung.

Sumber: Merdeka.com