Langit Jakarta akan ‘Berisik’, Sekitar 80 Pesawat Tempur Akan Meriahkan HUT TNI AU

Langit Jakarta bergemuruh, raungan pesawat tempur mengalihkan perhatian warga.

0
150
Sukhoi Su-37/30 Siap Unjuk Gigi di HUT TNI AU ke 70 - Deretan Pesawat Tempur TNI AU
Sukhoi Su-37/30 Siap Unjuk Gigi di HUT TNI AU ke 70 - Deretan Pesawat Tempur TNI AU

DimasBagus.com – Sebanyak 80 unit pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara direncanakan mendarat di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa 4 April 2017. Tujuan kedatangan seluruh armada udara militer itu untuk memeriahkan HUT TNI AU ke-71.

Seperti kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya, seluruh pesawat itu akan unjuk kebolehan dengan memeragakan berbagai atraksi udara, seperti flypass composite strike, serangan udara, bomb burst, speed past, penarikan banner, dan flypass serangan udara.

Langit Jakarta pagi ini (5/4/2017) bergemuruh oleh raungan jet-jet dan heli tempur TNI AU yang sedang melaksanakan latihan persiapan hari jadi TNI AU pada Minggu, 9 April 2017 mendatang.

Tidak hanya itu, acara dapat disaksikan langsung oleh masyarakat yang juga bakal disuguhi manuver pembentukan asap bertuliskan angka 71 oleh Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari Skuadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Atraksi JAT menggunakan pesawat KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan.

Baca juga:  Jangan Lihat, Video Bocah Suriah Ditembak Lalu Bangkit Ini Bikin Merinding

Berikut video pesawat tempur dan helikopter TNI AU (5/4/2017) di langit Tangerang saat latihan persiapan hari ulang tahun ke 71 TNI AU. Dipastikan pesawat tempur dan helikopter tersebut akan lalu-lalang di langit Jakarta dan sekitarnya hingga acara selesai dan jangan lupa siapkan kamera untuk beberapa hari kedepan.

Asisten Operasi Kepala Staf TNI-AU Marsekal Muda Barhim mengatakan saat ini seluruh pesawat yang berasal dari sejumlah Lanud di Tanah Air masih melakukan latihan parsial di Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur.

Baca juga:  Kalahkan Amerika dan Inggris, Lagi-lagi TNI AD Juara Lomba Tembak AASAM 2017

“Mereka latihan sendiri dulu. Kalau untuk pesawat jenis angkut difokuskan di Bandung, sedangkan helikopter di Bogor,” ujar Barhim, di sela-sela acara Press Tour Media Dirgantara 2017 yang diselenggarakan Dinas Penerangan TNI-AU di Lanud Iswahyudi.

Mengutip MetroTvNews.com, sejumlah armada burung besi yang diterjunkan pada perayaan HUT TNI di antaranya 8 unit Sukhoi SU 27/30, 14 pesawat F-16 Fighting Falcon, Hawk 100/200, serta 8 pesawat JAT (KT-1B Woong Bee).

Bulan Dirgantara Indonesia

Barhim berharap acara tersebut dapat dihadiri Presiden Joko Widodo, jajaran Kabinet Kerja, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. “Semoga program-program ini, pelatihan hingga hari H, dijauhkan dari hal-hal yang kurang baik bagi TNI, khususnya bagi TNI-AU,” kata dia.

Baca juga:  VIDEO: Aksi Brutal Gangster Rusak Showroom Mobil

Senada disampaikan Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama Novyan Samyoga. Menurutnya, atraksi enam unit JAT di atas Lanud Adisutjipto Jumat 31 Maret siang merupakan rangkaian persiapan dan pelatihan jelang HUT TNI-AU.

“Kita main selalu dengan konfigurasi enam pesawat. Ada yang membuat lambang ‘love’ dan manuver mirror dengan berbagai variasi. Tujuan ini untuk menjaga kekompakan dalam tim,” ujarnya,

Selain itu, TNI-AU akan menggelar Bulan Dirgantara Indonesia 2017 pada Maret dan April 2017 yang meliputi Indonesia Air Games, Dirgantara Expo, lomba foto, pemilihan putra putri dirgantara, serta seminar nasionai kedirgantaraan.

Indonesia Air Games memperebutkan Kasau Cup 2017 yang merupakan rangkaian kejuaraan olahraga kedirgantaraan pembinaan PB FASI.