DimasBagus.com – Keputusan keliru beberapa kali dilakukan wasit yang memimpin laga di . Namun hal ini dapat diatasi dan tidak sampai merugikan salah satu tim berkat adanya teknologi atau . Apa saja yang bisa dilakukan? Mari lebih jauh mengenal .

Promo Perlengkapan Bayi

VAR merupakan sebuah sistem sederhana yang diterapkan pada olahraga sepakbola untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan. Penerapan teknologi ini selama Rusia juga sangat membantu wasit meminimalisir kesalahan.

Tercatat, wasit di Piala Dunia 2018 sudah menunjuk titik penalti sebanyak 19 kali. Beberapa di antaranya diberikan setelah wasit memanfaatkan .

Baca juga:  Video Saat 2 Bintang Arsenal Berlatih Pencak Silat

Mengenal VAR yang Masih Diperdebatkan

VAR Sangat Membantu Wasit Dalam Mengambil Keputusan - OSNepalDOTcom
VAR Sangat Membantu Wasit Dalam Mengambil Keputusan – OSNepalDOTcom

Meski demikian, penggunaan VAR masih memunculkan perdebatan. Kendati mampu meminimalisasi kesalahan keputusan sang pengadil, di satu sisi juga dianggap mengurangi nilai emosional dalam sepakbola.

“Dalam sepakbola ada sebuah prinsip alami, namun juga tidak bisa dilepaskan dari yang namanya teknologi. Penerapan VAR terbukti juga sangat penting selama gelaran Piala Dunia dan memberikan rasa nyaman dan wasit bisa membuat keputusan yang tepat,” kata pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, Senin 25 Juni 2018.

Walaupun menuai pro dan kontra, Rahmad menginginkan teknologi VAR dapat diterapkan pada kompetisi sepakbola Indonesia. Maklum, terkadang ada saja kejadian yang cukup sulit diambil wasit saat laga sepakbola berlangsung.

Baca juga:  Inilah Fakta Menarik Italia Melawan Inggris

Teknologi VAR sedikitnya dapat membantu, karena terkoneksi dengan puluhan kamera yang ada di lapangan. Para pengadil dapat melihat suatu kejadian dari sudut pandang berbeda dalam hitungan detik dan bisa diputar ulang.

“Mudah-mudahan sepakbola Indonesia terus maju, saya harap dengan penerapan teknologi VAR akan ada di Indonesia. Ini sangat penting sebagai bahan acuan baku sekaligus menepis isu-isu negatif tentang keberpihakan sang juru adil,” jelas Rahmad.

Pelatih yang akrab disapa RD ini menilai, penerapan VAR di sepakbola Indonesia tidaklah jelek. Dengan begitu akan terlihat apakah suatu pelanggaran layak mendapatkan kartu atau tidak, sanksi offside hingga gol yang meragukan.

“Saya rasa ini akan jadi lompatan yang luar biasa jika bisa diterapkan di Indonesia. Dengan begitu sepakbola Indonesia akan sangat menjunjung tinggi nilai sportivitas,” ujarnya.

Berikut tentang VAR ( Assistant Referee)

Artikel ini sudah pernah tayang di VIVA.co.id pada 26/6/2018 dengan judul “Sukses di Piala Dunia, VAR Layak Diterapkan di Indonesia?”.