PDI-P : Basuki Diusulkan Jadi Cawapres untuk Jokowi

0
37
Ahok
Ahok

Duet Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan berpeluang kembali muncul dalam pentas . Basuki diusulkan jadi cawapres pendamping bagi Joko Widodo dalam perhelatan .

“Itu (-Basuki) pernah muncul diusulkan di Sumatera Utara. Kalau mereka berhasil di Jakarta, ada kemungkinan bisa didorong ke atas,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto saat dihubungi, Senin (9/12/2013).

Baca juga:  TNI AD Juara Lomba Tembak ASEAN, Rebut 28 dari 44 Medali Emas

Hasto menuturkan, saat ini partainya masih mencermati kinerja kedua tokoh lintas partai itu. Meski Basuki berasal dari Partai Gerindra, Hasto menuturkan, hubungan Basuki dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat dekat.

“Sejak dulu hubungan Bu Mega dengan (Basuki) itu sangat cair. Sebelum Pilkada DKI Jakarta, selalu datang dalam rapat pemenangan pemilu, bahkan lebih sering dibandingkan Jokowi,” ucap Hasto.

Melihat kedekatan hubungan antara Mega dan Basuki, Hasto pun tak heran ketika Basuki diundang makan siang bersama Jokowi dan jajaran pimpinan PDI Perjuangan lainnya di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, kemarin, Minggu (8/12/2013). Hasto mengaku tidak tahu apakah pertemuan itu juga menjadi ajang penjajakan PDI-P kepada Ahok.

Baca juga:  Perbedaan Menyikapi Kritikan Antara Jokowi, SBY dan Prabowo

Seperti diberitakan, PDI Perjuangan mempersiapkan dua skenario menjelang Pemilihan Presiden 2014. Skenario pertama ialah mengusung duet pasangan internal, yaitu Megawati Soekarnoputri dan Jokowi. Sementara itu, skenario kedua adalah mengusung Jokowi dan calon wakil presiden dari tokoh partai lain.

Menurut Hasto, internal partainya sudah membuat kajian dan survei yang memunculkan nama Jokowi dan Megawati. Internal, katanya, masih mengharapkan sosok kepemimpinan Megawati untuk mengatasi persoalan krisis bangsa yang global pada era mendatang. Sosok Mega juga dianggap bisa melindungi Jokowi dari serangan yang mulai gencar terjadi.

Baca juga:  Langgar Wilayah Laut RI, Komandan Angkatan Laut Australia Dipecat

Sumber : KOMPAS