Perkenalkan Fitur Baru Google Maps Untuk Mudik

0
18
Google Maps Untuk Mudik
Google Maps Untuk Mudik

DimasBagus.com – Mudik dengan kendaraan pribadi tidak lengkap rasanya tidak menyiapkan peta perjalanan yang akan dilalui menuju kampung halaman. Tapi, sekarang tidak perlu lagi menggunakan peta print, Anda bisa mencoba fitur baru yang tersedia di ponsel lengkap dengan laporan lalu lintas real time secara akurat dan mudah digunakan.

Dalam sebuah keterangan yang didapat, Minggu 20 Juli 2014, dapat menampilkan kondisi lalu lintas secara real time di jalan besar maupun kecil dalam peta tersebut. Untuk melihat situasi itu, pengguna menekan ikon triple-bar dibagian bawah kiri layar, kemudian pilih ‘traffic’.

Setelah itu, maka muncul bermacam kode warna untuk mengisyaratkan kondisi lalu lintas. Warna hijau menandakan situasi lalu lintasnya lancar, kemudian ada warna kuning yang berarti cukup lancar, sedangkan merah dan hitam diartikan bahwa jalanan tersebut sangat buruk untuk dilewati.

Baca juga:  Heboh Foto PR Matematika Anak SD, Siapa yang Salah?

Tidak hanya itu, Google Maps untuk mudik pada mobile interface yang sederhana dapat membantu pemudik untuk menemukan sebuah informasi tempat penting dengan cepat dan lebih mudah, mulai dari mencari restoran halal lebih dari 100 juta tempat secara global yang kemudian ditambah informasi alamat, nomor telepon, dan ulasan dari orang-orang yang Anda percayai.

Pemudik yang ingin mengetahui tempat peristirahatan makanan tersebut tinggal mengetik tipe makanan atau restoran yang ingin dicari di kotak pencarian (search) pada Google Maps di ponsel atau tablet. Tak lama berselang, akan muncul beberapa pilihan lokasi restoran yang berada di sekitar anda. Bila sudah memilih salah satu tempat yang diinginkan, maka petunjuk arahnya.

Baca juga:  Ini Kota Paling Dingin di Dunia

Namun, petunjuk arah yang sudah dirasa masih membingungkan, maka ada kemudahan lainnya yang difasilitasi oleh Goggle Maps yakni voice-guide assitance, dimana navigasi suara tersebut akan membantu mengarahkan pemudik ke lokasi tujuan.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, pengguna mengetik lokasi tujuan, kemudian tekan ikon mobil biru yang muncul di bagian kanan nama tempatnya. Saat anda masuk ke menu ‘direction’, pilihlah rute yang diinginkan lalu tekan ikon ‘start navigation’ yang berwarna biru untuk mendapatkan pentunjuk suara dari setiap belokan menuju lokasi yang dituju.

Baca juga:  Bonefish, Kapal Trimaran Rudal Tanpa Awak

Ternyata navigasi suara ini tidak hanya berlaku pada saat menggunakan kendaraan, ketika anda sedang berjalan kaki dan butuh bantuan petunjuk arah pun bisa memanfaatkan salah satu fitur di Google Maps ini. Pengguna┬á menekan ikon ‘berjalan’ diatas atas menu ‘direction’.

Fitur dari Google Maps ini tersedia tanpa harus melakukan update atau mengunduh aplikasi tertentu untuk menggunakan kemudahan petunjuk arah tersebut, yang pasti pengguna hanya bisa menggunakan fasilitas ini ketika terkoneksi dengan internet, maka layanan ini bisa dinikmati.

Pengalaman peta baru untuk perjalanan mudik tersedia untuk pengguna gadget yang berbasis Android dan iOS.

Sumber: VIVA.co.id