Trik Terbaik Untuk Menghemat Bahan Bakar Bensin

Mungkin Anda tidak sadar, ternyata ada kebiasaan yang membuat bahan bakar jadi boros.

0
23
Cara Menghemat Bahan Bakar Bensin
Cara Menghemat Bahan Bakar Bensin

DimasBagus.com – Salah satu pengeluaran penting bagi setiap keluarga adalah pengeluaran transportasi. Bagi yang memiliki kendaraan sendiri, biaya bensin merupakan pengeluaran wajib yang harus dipikirkan selain parkir dan uang Tol. Oleh karena itu, simak trik untuk menghemat bensin berikut ini.

Kenaikan harga bahan bakar minyak () untuk kendaraan seperti bensin ataupun solar pasti terjadi pada tenggat waktu tertentu. Kenaikan harga ini pastinya dipengaruhi beberapa hal, salah satunya adalah harga minyak dunia.

Untuk di Indonesia sendiri, kenaikan BBM diperkirakan akan terjadi pada tahun 2018 ini. Besaran kenaikan harganya diperkirakan antara 10% sampai 30%. Namun perkiraan ini bisa terjadi, bisa juga tidak.

Setelah mengetahui perkiraan tersebut sekarang Anda juga harus tahu bagaimana cara menghematnya.

1. Tidak memanaskan kendaraan terlalu lama

Saat Anda menyalakan mesin, kendaraan Anda sudah langsung menggunakan bahan bakarnya. Oleh karenanya, jika Anda ingin menghemat pembelian BBM, Adan tidak boleh memanaskan kendaraan terlalu lama. Kebiasaan lain yang menguras bahan bakar saat memanaskan mobil adalah menginjak pedal gas dalam-dalam.

Baca juga:  Pamer Ferrari Langka, Pemuda ini Burn Out di Halaman Rumah

Panaskanlah kendaraan beberapa saat sebelum Anda hendak berangkat. Jangan sepelekan waktu memanaskan mobil jika Anda ingin irit BBM.

2. Tidak melewati batas kecepatan

Jangan disangka kebut-kebutan tidak menjadikan Anda boros BBM. Menginjak pedal gas padas mobil, atau memutar gas pada , tiba-tiba saat kendaraan berhenti akan menjadikan bensin Anda cepat habis. Begitupun dengan melakukan rem mendadak saat kendaraan sedang melaju, hal ini bisa menjadi penyebab borosnya penggunaan bahan bakar kendaraan Anda.

Oleh karena itu, dengan melakukan kebiasaan berkendara yang baik Anda sebenarnya sudah menghemat penggunaan bensin.

3. Matikan mesin jika macet total

Untuk area Jakarta, sudah tidak asing lagi dengan kondisi jalanan yang macet. Kalau Anda terjebak di jalanan yang macet total, maka sebaiknya Anda mematikan mesin kendaraan Anda.

Selama Anda mengaktifkan mesin kendaraan, maka bensin akan terus terpakai. Karena itulah, untuk penggunaan bensin yang efisien, sebaiknya Anda mematikan mesin kendaraan kapapun tidak digunakan, termasuk saat terjebak dalam keadaan macet total.

Baca juga:  Mesin Ganas, Honda Civic Type-R 2015 Ini Sudah Bisa Dipesan

4. Gunakan AC dengan efisien

Satu lagi yang membuat Anda boros dalam pengeluaran bahan bakar adalah penggunaan Air Conditioner (AC) dalam mobil yang berlebihan. Hal ini karena penggunaan AC mempengaruhi putaran mesin yang juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar.

Dengan menggunakan AC sewajarnya, Anda mengurangi beban putaran mesin dan mengurangi penggunaan bahan bakar.

5. Kartu kredit untuk pengisian BBM yang hemat

Salah satu cara menghemat BBM adalah dengan menggunakan penawaran yang diberikan oleh penerbit kartu kredit. Jika Anda teliti dalam memilih kartu kredit terbaik, Anda akan menemukan bahwa ada beberapa kartu kredit yang memberikan cashback untuk pengisian bahan bakar untuk kendaraan Anda.

Tidak hanya cashback, point rewards juga bisa berguna untuk Anda nantinya karena bisa ditukarkan dengan keuntungan lain. Salah satu kartu kredit yang direkomendasikan adalah kartu kredit BCA.

6. Service secara berkala

Melakukan service secara berkala dan memastikan kondisi kendaraan selalu dalam keadaan baik akan menghemat penggunaan bahan bakar.

Baca juga:  Video : Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Test Banjir

Dengan melakukan service secara rutin, Anda bisa memastikan semua komponen mesin dalam kendaraan akan dipastikan kondisinya. Jika semua komponen kendaraan dalam keadaan baik, Anda bisa memastikan bahwa penggunaan bahan bakar juga efisien.

7. Gunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan persyaratan pabrikan

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan bahan bakar sesuai dengan persyaratan pabrikan. Misalnya, jika kompresi pembakaran mobil Anda menuntut mobil diisi dengan bahan bakar ber-oktan tinggi seperti Pertamax, maka jangan diisi dengan Premium.

Ketidakcocokan antara kompresi pembakaran dengan bahan bakar bisa merusak mesin dan membuat penggunaan bahan bakar lebih boros.

8. Tidak menambah hambatan angin dan beban mobil secara berlebihan

Menambah aksesoris kendaraan secara berlebihan bisa menjadikan Anda boros bahan bakar. Penambahan bumper, rak barang, atau sound system yang terlalu berat akan menghambat jalannya kendaraan. Menyebabkan kendaraan Anda membutuhkan lebih banyak tenaga, yang akhirnya membutuhkan penggunaan bensin yang lebih banyak.

* Sumber artikel dari Harga BBM (Pertamax, Pertalite, Premium) Terkini AturDuit.

[]