4 Cara Alami Atasi Keram Perut Saat Menstruasi

0
40
Keram Perut Wanita
Keram Perut Wanita

Setiap perempuan pasti mengalami kedatangan tamu wajib setiap bulannya. Proses yang merupakan kodrat alami dari perempuan ini terkadang menjadi hal paling menyebalkan. Selain mengalami gejala PMS, biasanya saat menstruasi banyak perempuan mengalami keram perut. Gejala nyeri perut ini terkadang sampai membuat perempuan tidak bisa beraktivitas karena rasa sakit yang tak tertahankan.

Dilansir dari detikhealth, keram perut ini terjadi karena otot-otot rahim berkontraksi selama beberapa hari. Selama terjadinya proses ini tubuh memproduksi hormone prostaglandin yang dapat meningkatkan rasa sakit dan peradangan dalam rahim. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mengurangi rasa sakit akibat kram perut :

Baca juga:  Inilah Wanita-wanita Seksi di Film Warkop DKI, Bagaimana Dengan Sekarang?

Kompres perut dengan air panas

Bila terasa perut terasa sangat nyeri saat menstruasi cobalah kompres bagian bawah perut dengan air panas. Tapi jangan terlalu panas, hal ini dapat mengatasi kram perut. Panas memberi rasa nyaman pada perut nyeri dan melemaskan otot-otot.

Banyak Konsumsi Makanan Kaya Kalsium dan Magnesium

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kedua zat ini dapat membantu meringankan kontraksi yang terjadi pada otot saat menstruasi. Sayur-sayuran yang tinggi magnesium diantaran brokoli, bayam dan sayuran hijau lainnya. Sedangkan, makanan seperi kacang-kacangan dan almond kaya akan kalsium.

Baca juga:  Singgasana Hotels & Resorts Pilihan Akomodasi Terbaik di Indonesia

Pijat bagian bawah perut

Selain nyeri karena kram biasanya saat menstruasi perut juga terasa tidak enak karena kembung. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut lakukan pemijatan ringan dengan menggunakan telunjuk yang digerakkan melingkar pada perut bagian bawah. Hal ini dapat mengurangi rasa tidak enak pada perut

Olahraga

Nyeri haid juga dapat disebabkan karena kurangnya berolahraga. Olahraga ringan seperti berenang atau betrjalan ternyata mampu membuat otot lebih rileks dan menambah pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu yoga juga dapat membuat  otot uterus pada rahim menjadi rileks.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Stress Dengan Cepat

Sumber : http://id.she.yahoo.com/4-cara-alami-atasi-keram-perut-saat-menstruasi-113000394.html