4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

0
23
Cara Efektif Lawan Stres
Cara Efektif Lawan Stres

DimasBagus.com Sering lupa menaruh dompet atau kunci mobil saat akan berangkat kerja, yang menyebabkan Anda telat datang ke kantor? Atau selalu terburu-buru mengawali hari karena bangun terlalu siang akibat sulit tidur di malam hari? Itu berarti Anda sedang mengalami morning stress, atau stres di pagi hari. Agar kebiasaan itu tidak terus terjadi, sebaiknya terapkan cara efektif lawan stres dibawah ini.

Retailer peralatan rumah tangga IKEA telah mengadakan survei di Inggris yang menunjukkan kalau 2/3 orang merasa stres saat tidur dan bangun di keesokan paginya. Stres di malam hari, sebagian besar disebabkan oleh sulitnya tidur terlelap dan khawatir bagaimana menjalani aktivitas di hari esok.

Baca juga:  Tarif Kencan Artis: Tyas Mirasih Rp 25 Juta, Shinta Bachir Rp 40 juta

Stres, dalam tahap seringan apa pun memang bisa mengganggu aktivitas harian. Kinerja di kantor pun bisa menurun begitu juga produktivitas kerja. Jika Anda sering mengalami hal yang sama seperti tersebut di atas, besar kemungkinan Anda juga menderita stres meskipun masih dalam tahap ringan. Namun jangan khawatir, Anda bisa menangkal datangnya stres di pagi hari dengan cara efektif lawan stres berikut:

1. Atur Suhu Ruangan Sebelum Tidur
Seperti dikutip dari Female First, temperatur ruangan yang paling tepat untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius. Lebih rendah atau tinggi dari itu, Anda akan kesulitan tertidur dan gelisah dalam tidur.

Baca juga:  Manfaat Kerokan dalam Pandangan Medis

2. Tata Kamar Berwarna-warni
Bangun dan melihat warna-warna terang di pagi hari akan memicu hormon adrenalis. Hormon ini membuat Anda lebih bersemangat dan lebih mudah untuk bangkit dari tempat tidur. Jadi tambahkanlah warna terang pada kamar Anda misalnya dengan memasang sprei dan sarung bantal warna pink, hijau toska atau biru laut.

3. Olahraga
Bangunlah lebih awal agar Anda sempat beriolahraga. Tak perlu olahraga berat di gym atau menggunakan alat fitnes, cukup dengan berlari. Jogging atau lari cepat bisa meningkatkan produksi endoprhin ke otak, membuat Anda merasa senang dan gembira. Mood positif ini tentunya penting untuk membuat Anda semangat menjalani aktivitas seharian.

Baca juga:  Ini Manfaat Biji Semangka, Sehatkan Kulit Hingga Tingkatkan Libido

4. Mandi dengan Air Dingin
Aktvitas mandi sangat berperan dalam membangun mood dan menyingkirkan stres di pagi hari. Psikolog klinis Ayoe Soetomo, M.Psi. menyarankan untuk mandi dengan air dingin. “Air dingin memberi efek energizing,” ujar Ayoe.

Ia menambahkan, air dingin memberi efek menyegarkan dan membantu memberi inspirasi sebelum beraktivitas. Mandi sebaiknya dilakukan di bawah shower dengan semburan air kuat untuk efek pihat ringan. Cara ini efektif membuat pikiran lebih jernih dalam waktu singkat.

Sumber: Wolipop