Ganti Oli Mobil yang Tepat dan Benar

Jangan sampai keliru saat ganti oli mobil, bisa-bisa umur mesin jadi pendek.

0
58
Ganti Oli Mobil yang Tepat dan Benar Kalau Mau Mesin Berumur Panjang
Ganti Oli Mobil yang Tepat dan Benar Kalau Mau Mesin Berumur Panjang

DimasBagus.com – Jika Anda baru saja membeli mobil baru dan Anda sedang mencari tahu tentang ganti oli mobil yang tepat dan benar maka biasanya Anda akan membuka buku petunjuk kendaraan bukan?

Umumnya hampir rata-rata produsen mobil menyarankan penggantian oli berdasarkan jarak tempuh yang sudah dicapai mobil tersebut. Tentunya yang dimaksud jarak di sini adalah kilometer.

Untuk mobil keluaran baru biasanya produsen akan menyarankan penggantian oli di tiap sepuluh ribu kilometer, lalu untuk mobil keluaran lama di angka lima ribu kilometer.

Melansir Autoguide.com, jarak penggantian oli mobil tidak harus selalu menaati anjuran pabrik. Hal ini disebabkan penurunan kemampuan oli melumasi komponen mesin yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Baca juga:  Begini Cara Orang Kaya Arab Pamer Mobil Mewah
Aneka Merk Oli Mesin Mobil
Aneka Merk Oli Mesin Mobil

Faktor yang Mempengaruhi Jarak Ganti Oli Mobil

Faktor itu diantaranya jika mobil lebih sering digunakan di dalam kota yang kondisi lalu lintasnya cenderung macet, maka umur oli akan mencapai titik terendahnya di kisaran 10 ribu km untuk mobil baru. Namun sebaliknya jika mobil jarang menghadapi kondisi jalan yang macet artinya mobil dapat melaju dengan kecepatan konstan, maka penggantian oli bisa dilakukan dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Baca juga:  Honda Civic Type R Pecahkan Rekor Tercepat di Nurburgring

Faktor berikutnya yang tak kalah penting adalah jenis oli yang digunakan. Kita tahu banyak produsen oli mobil menawarkan produk dengan beragam keunggulan yang diklaim bisa menambah jarak tempuh hingga 15 ribu km. Tapi, jangan harap jarak ganti oli bisa sejauh itu dengan menggunakan oli murah.

Teknologi semakin canggih dan varian oli pun juga makin variatif. Berbeda dengan sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, hadirnya zat aditif tambahan bisa memperpanjang umur oli hingga ribuan kilometer.

Baca juga:  Kawasaki Ninja H2 Masuk Indonesia 16 Januari 2015?

Jadi, sudah tau kan waktu yang tepat dan benar untuk ganti oli mobil kamu? Yang paling penting ketahui dahulu spesifikasi oli yang akan digunakan. Jika oli tersebut memiliki SAE (Society of Automotive Engineering) di atas 20W-50 dan harganya cukup murah, maka sebaiknya diganti tiap tiga hingga lima ribu km.

Namun untuk yang SAE-nya 10W-40 ke atas dan digunakan pada mobil baru, maka oli tersebut bisa digunakan hingga jarak tempuh 10 ribu km. Namun apabila sering terkena macet, maka disarankan jarak maksimal adalah 7.500 km.