Penyanderaan di Sydney, PM Australia Gelar Pertemuan Khusus

0
42
Penyanderaan di Sydney
Penyanderaan di Sydney

DimasBagus.com – Sekitar 13 orang tawanan menjadi korban penyanderaan di Sydney. Para sandera ditahan di dalam sebuah kafe di pusat kota Sydney, Australia, Senin 15 Desember 2014. Sebuah bendera hitam bertuliskan huruf Arab juga terlihat di jendela, memunculkan kekhawatiran adanya serangan kelompok militan ISIS walau belum dipastikan oleh aparat berwenang.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Perdana Menteri Tony Abbott menggelar pertemuan komite keamanan nasional untuk membahas apa yang disebutnya situasi penyanderaan di kota komersial Australia itu.

Baca juga:  Mengenal Macam-macam Pinjaman Bank yang Perlu Anda Ketahui
Penyanderaan di Sydney Terjadi di Sebuah Kafe dan Menyandera Sekitar 13 Orang Di Dalamnya
Penyanderaan di Sydney Terjadi di Sebuah Kafe dan Menyandera Sekitar 13 Orang Di Dalamnya

Australia yang mendukung Amerika Serikat (AS) dalam perang terhadap ISIS di Suriah dan Irak, dalam keadaan waspada atas serangan oleh Muslim radikal, atau militan yang kembali dari wilayah konflik di Timur Tengah.

Puluhan polisi bersenjata telah mengepung Kafe Lindt di Martin Place, dekat dengan kantor Bank Sentral Australia, serta bank-bank komersial lain, dan gedung parlemen negara bagian New South Wales.

Baca juga:  Kalah TKO, Daud Yordan Kehilangan Sabuk IBO

Siaran televisi memperlihatkan sejumlah pelanggan di dalam kafe berdiri, dengan tangan menempel di jendela. Sebuah bendera hitam, serupa dengan yang digunakan militan ISIS di Irak dan Suriah, juga terlihat.

Polisi NSW menulis pesan di Twitter, bahwa polisi sedang melakukan operasi di Martin Place, dan orang-orang disarankan menghindari wilayah itu. Tampak ratusan orang dibatasi dengan tali, dan unit pemadam kebakaran telah ada di lokasi.

Bank Sentral Australia mengatakan para staf telah dikunci di dalam gedung, dan dalam keadaan aman. Media setempat melaporkan, bahwa orang-orang di sekitar Sydney Opera House telah dievakuasi, setelah ditemukannya sebuah paket mencurigakan.

Baca juga:  Mengenal DRONE Siluman dengan Senjata Laser + Video

Kereta dan bus dihentikan, dan jalan-jalan di kawasan itu diblokade, dengan operator kereta mengatakan telah ada ancaman bom di Martin Place. Pedagang di bursa mata uang, mengatakan berita penyanderaan telah menyebabkan jatuhnya nilai dolar Australia. (ren)

Sumber: [wp_colorbox_media url=”http://dunia.news.viva.co.id/news/read/568539-penyanderaan-di-kota-sydney–pm-australia-gelar-pertemuan-khusus” type=”iframe” hyperlink=”VIVA”]